RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMPN 4 Abang
Kelas/ Semester : VII /Genap
Materi Pokok : Menelaah isi buku
bergambar
Alokasi waktu : 2x35 menit (2 JP)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Peserta didik mengembangkan strategi deep intro dengan
memprediksi gambar sampul cerita dengan baik.
2.
Peserta didik mampu melakukan penyimpulan
terhadap bacaan dengan berlatih menyimpulkan suasana cerita dan emosi tokoh
dengan baik.
3.
Peserta didik menafsirkan
emosi tokoh dengan bantuan gambar melalui kegiatan menjawab pertanyaan yang diberikan guru dengan analitis.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Pendahuluan |
1.
Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan
membaca doa (Orientasi) 2.
Mengaitkan Materi
Sebelumnya dengan Materi
yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi) 3.
Guru melakukan assesmen diagnostik
kognitif maupun non kognitif melalui kegiatan tanya jawab 4.
Memberikan gambaran tentang manfaat
mempelajari pelajaran yang akan dipelajari dalam
kehidupan sehari-hari. (Motivasi) |
10 menit |
(Sintak Model Discovery Learning) |
||
Inti |
1)
Eksplorasi: a. Guru menampilkan tayangan salindia
mengenai materi isi buku bergambar b. Guru mengajarkan siswa
untuk mengeksplorasi sampul buku bergambar secara
cermat untuk menggali informasi. (Hots) 2)
Pengumpulan
Data: a.
Guru
menyajikan 7 jenis sampul buku bergambar. b.
Guru mengajarkan
siswa untuk terbiasa mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui metode deep intro dengan media sampul
buku bergambar yang
dilaksanakan di luar kelas. 3)
Komunikasi: a. Rangsang imajinasi siswa dengan
menyampaikan deskripsi sampul buku bergambar. b. Membentuk kelompok menjadi 7 kelompok. Hasil
yang Diharapkan 1.
Siswa terangsang untuk mengimajinasikan
dan menyampaikan
deskripsi mengenai sampul buku bergambar. (Creativity and Innovation) 2. Siswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap sekitar. 3.
Siswa
menyaksikan tayangan salindia mengenai materi menelaah
isi buku bergambar. 4.
Selesai menyaksikan tayangan tersebut,
siswa memahami suasana cerita dan emosi tokoh dari sampul cerita bergambar. (Critical
Thinking and Problem Formulation) 5.
Dengan bantuan orang
tuanya, siswa mampu
menyampaikan ide maupun pendapat secara jelas. |
45 menit |
Penutup |
Siswa: Menempelkan
pin emoticon pada Kantong emosi sebagai refleksi pembelajaran yang telah
dilakukan (CREATIVITY) Guru
: a.
Guru menginformasikan kepada peserta
didik bahwa pertemuan berikutnya akan mempelajari tentang unsur-unsur dalam
buku. b.
Guru menutup pertemuan dengan memberi
motivasi belajar kepada peserta didik dan memberi salam. |
15 menit |
Refleksi dan
Konfirmasi |
||
Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru
untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan. |
||
ASSESMENT (Penilaian) |
||
Penilaian Sikap,
Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran) |
||
|
Mengetahui Kepala SMPN 4
Abang I Made Mawa,S.Pd., M.Pd. NIP. 19730816 199802
1 003 |
Datah, Februari 2023 Guru Mata
Pelajaran Bahasa Indonesia Ni Luh Wiwik Juniati,S.Pd. NIPPPK. 19840604
202221 2 014 |
Komentar
Posting Komentar