RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

  Satuan Pendidikan      : SMPN 4 Abang

 Kelas/ Semester          : VII /Genap

Materi Pokok             : Menelaah isi buku bergambar

Alokasi waktu : 2x35 menit (2 JP)

 

A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

1.      Peserta didik mengembangkan strategi deep intro dengan memprediksi gambar sampul cerita dengan baik.

2.      Peserta didik mampu melakukan penyimpulan terhadap bacaan dengan berlatih menyimpulkan suasana cerita dan emosi tokoh dengan baik.

3.      Peserta didik menafsirkan emosi tokoh dengan bantuan gambar melalui kegiatan menjawab pertanyaan yang diberikan guru dengan analitis.

 

B.       KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Pendahuluan

1.    Melakukan pembukaan dengan salam dan dilanjutkan dengan membaca doa (Orientasi)

2.    Mengaitkan Materi Sebelumnya dengan Materi yang akan dipelajari dan diharapkan dikaitkan dengan pengalaman peserta didik (Apersepsi)

3.    Guru melakukan assesmen diagnostik kognitif maupun non kognitif melalui kegiatan tanya jawab

4.    Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan

dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. (Motivasi)

10 menit

(Sintak Model Discovery Learning)

Inti

1)       Eksplorasi:

a.       Guru menampilkan tayangan salindia mengenai materi isi buku bergambar

b.      Guru mengajarkan siswa untuk mengeksplorasi sampul buku bergambar secara cermat  untuk menggali informasi. (Hots)

2)       Pengumpulan Data:

a.    Guru menyajikan 7 jenis sampul buku bergambar.

b.    Guru mengajarkan siswa untuk terbiasa mengolah data menjadi sebuah informasi yang berguna melalui metode deep intro dengan media sampul buku bergambar yang dilaksanakan di luar kelas.

3)       Komunikasi:

a.    Rangsang imajinasi siswa dengan menyampaikan deskripsi sampul buku bergambar.

b.    Membentuk kelompok menjadi 7 kelompok.

 

Hasil yang Diharapkan

1.     Siswa terangsang untuk mengimajinasikan dan menyampaikan deskripsi mengenai sampul buku bergambar. (Creativity and Innovation)

2.     Siswa memiliki kepekaan dan kepedulian terhadap sekitar.

3.     Siswa menyaksikan tayangan salindia mengenai materi menelaah isi  buku bergambar.

4.     Selesai menyaksikan tayangan tersebut, siswa memahami suasana cerita dan emosi tokoh dari sampul cerita bergambar. (Critical Thinking and                    Problem Formulation)

5.     Dengan bantuan orang tuanya, siswa mampu menyampaikan ide maupun pendapat secara jelas.

45

menit

Penutup

Siswa:

Menempelkan pin emoticon pada Kantong emosi sebagai refleksi pembelajaran yang telah dilakukan (CREATIVITY)

Guru :

a.       Guru menginformasikan kepada peserta didik bahwa pertemuan berikutnya akan mempelajari tentang unsur-unsur dalam buku.

b.      Guru menutup pertemuan dengan memberi motivasi belajar kepada peserta didik dan memberi salam.

15 menit

Refleksi dan Konfirmasi

Refleksi pencapaian siswa/formatif asesmen, dan refleksi guru untuk mengetahui ketercapaian proses pembelajaran dan perbaikan.

ASSESMENT (Penilaian)

Penilaian Sikap, Pengetahuan dan Keterampilan (Lihat Lampiran)

 

 

 

Mengetahui

Kepala SMPN 4 Abang

 

 

 

I Made Mawa,S.Pd., M.Pd.

NIP. 19730816 199802 1 003

Datah,             Februari 2023

Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia

 

 

 

Ni Luh Wiwik Juniati,S.Pd.

NIPPPK. 19840604 202221 2 014

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JIKA MAU MENGAJAR JANGAN PERNAH BERHENTI BELAJAR

Pemimpin Pembelajar dalam Pengelolaan Sumber Daya (Koneksi Antarmateri)

Memahami pernyataan FIFA