Kepala Sekolah dan Guru Harus Friendly Bagi Siswa

         


        Untuk membangun sekolah yang memanusiakan manusia dibutuhkan sentuhan hati oleh pendidik dan tenaga pendidikan. Semua yang ada di dalamnya sebenarnya adalah guru. Guru memiliki makna keluar dari bayangan, yang berarti guru itu sebagai penerang bayangan. Ibarat matahari, memeluk adalah memberikan sinar, memberikan kehangatan bagi siapa saja. Itu artinya guru itu perlu membimbing kodrat anak didik yang beragam dan unik berbeda satu sama lain.

Untuk menciptakan ekosistem yang hangat tersebut dibutuhkan kemampuan kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan yang mampu menjadi sahabat bagi siswa. Tidak perlu gedung yang megah agar siswa betah di sekolah, justru lingkungan psikologis yang lebih dominan dibutuhkan siswa.


I Made Mawa,S.Pd.,M.Pd. merupakan kepala sekolah yang belum genap satu tahun di SMP Negeri 4 Abang sudah terasa hangat bagi siswa sebagai sosok yang menjadi sahabat. Dalam kegiatan upacara, kepala sekolah menghargai peserta upacara, menghargai peran serta para petugas upacara. Bentuk penghargaan ini sebagai bagian dari pembelajaran sosial emosional.

        
        Kali ini, kepala sekolah turun langsung menyemangati pasukan pengibar bendera yang berlatih mempersiapkan upacara bendera Senin, 27 Maret 2023. Kedekatan inilah yang dibutuhkan para perangkat upacara di tengah lelahnya berlatih. Tidak sulit menghargainya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Koneksi Antar Materi - Modul Kesimpulan dan Refleksi untuk calon guru penggerak

1.1.a.8. Koneksi Antar Materi - Kesimpulan dan Refleksi Modul 1.1

Pemanfaatan Aset dengan Metode Bagja (Sebuah Refleksi Diri)